Loading...

Tugas Bahasa Indonesia - Membuat Laporan Pengamatan

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Tugas Bahasa Indonesia - Membuat Laporan Pengamatan

Laporan Pengamatan

BAB I
Pendahuluan
  1. Latar belakang
Pantai Padang sebagai salah satu objek wisata yang terkenal di  Padang sedang mengalami penurunan wisatawan.  Hal ini disebabkan oleh berbagai factor. Maka dari itu  kami melakukan observasi untuk mengetahui penyebab-penyebab masalah tersebut serta  mencari solusi agar pantai padang dapat dimininati kembali dan keindahannya dapat terjaga.
tema :
topik
Tujuan :
1. Observasi ini bertujuan untuk menemukan solusi atas permasalahan-permasalahan yang timbul, supaya pantai padang tetap indah.
2. Agar pantai padang tetap dapat dinikmati dan menjadi potensi bagi berbagai bidang
3. Supaya permasalahan-permasalahan yang timbul tidak mendatangkan permasalahan lain. seperti penyakit, bencana dan lain-lain
perumusan masalah
1. bagaimana agar pantai padang menjadi lebih bersih dan indah?
2. mengapa jumlah wisatawan mengalami penurunan?
3. bagaimana agar pantai padang menjadi tetap menjadi potensi wisata ?
4. bagaimana seharusnya tindakan pemerintah untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di pantai padang?
BAB II
Hasil Penelitian
2.1 Pengertian
  • Pantai adalah tempat wisata yang sering dituju para wisatwan dalam maupun manca negara.
  • wisatawan adalah orang yang melakukan perjalan untuk berkreasi
  • air laut adalah air yang menutupi permukaan  tanah yang sangat luas dan umumnya mengandum garam yang berasa asin

2.2 macam-macam
1. banyak nya sampah yang berserakan di pinggir pantai padang serta tidak disediakannya fasilitas tempat sampah untuk pengunjung. sampah yang ada seperti ranting-ranting, gelas plastik serta baju- baju dan bekas makanan para wisatawan. sampah -sampah ini terlihat disepinggiran pantai dan terdapat di celah – celah batu. banyak juga sampah – sampah yang berada di dekat lubang kepiting, dan ekosistem kepiting tersebut akan terganggu.
  1. muncul nya tenda -tenda yang dikenal sebagai tenda ceper yang salah dipergunakan sebagai tempat berpacaran ataupun tempat mesum
3. kios pedagang yang tidak rapi dan juga banyaknya pedagang yang berjualan di pinggir jalan sehingga jalan disepanjang pantai padang menjadi macet.
4. pedagang – pedagang yang menjual di pinggiran pantai tidak menjaga kebersihan pantai dengan cara meletak perlatan dagang nya di sepinggirian pantai sehinggah pantai kurang terlihat asri.

2.3 bentuk-bentuk penyimpangan
1. penyimpangan moral
pantai padang merupakan objek wisata yang di kunjungi oleh wisatawan yang memiliki berbagai umur. dengan adanya orang yang berpacaran yang tidak sehat di pinggiran pantai. anak-anak yang di bawah usia di khawatirkan melihat serta meniru perilaku yang tidak bermoral tersebut.
2. Satpol PP yang seharusnya mengatur ketertiban pantai justru tidak berbuat apa-apa , hanya duduk disekitar pantai dan tidak memberikan perlakuan yang tegas
3. kurangnya perhatian pemerintah dan hukum yang tegas yang menyebabkan warga sekitar pantai padang melakukan penyimpangan seperti membuang sampah sembarangan
4. berbagai aparat yang tidak mematuhi aturan yang telah di buat pemerintah dan tidak mengindahkankan serta acuh tak acuh terhadap peraturan tersebut
2.4 solusi
seharusnya para remaja maupun orangyang belum menikah sebaiknya ketika berpacaran tidak melakukan hal – hal yang tidak bermoral apalagi di tempat umum seperti pantai. satpol pp juga sebaiknya memberikan tindakan yang tegas untuk ketertiban pantai.  tidak hanya satpol pp,pemerinthan pun harus ikut campur dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi pantai padang,tidak hanya membuat peraturan tetapi juga  ikut serta secara langsung turun kelapangan mengawasi jalan nya peraturan yang telah dibuat tersebut. sebaiknya pemerintah meberikan penyuluhan kepada pemilik kios-kios di sepanjang pinggiran pantai utuk menata ulang keberadaan kios-kios mereka sendiri ketempat lain yang bukan di pinggaran pantai. Karena keberadaan kios tersebut menghalangi pemandangan bagi orang yang lewat di sekitar pantai.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
pantai padang yang merupakan objek wisata di sumatera barat telah mengalami penurunan wisatawan yang disebabkan oleh berbagai faktor. seperti sampah yang berserakan di sepinggiran pantai, tenda-tenda rendah yang menganggu penglihatan wisatawan karena tenda-tenda tersebut berisi orang-orang ysng melakukan tindakan-tindakan yang melanggar moral, sosial, kemanusian,dan hukum yang berlaku.
3.2 Saran
pemerintah sebaiknya menegakkan peraturan dengan tegas agar hal-hal yang menyimpang di objek wisata pantai padang dapat dihilangkan dan wisatawan pun meningkat serta kesejahteraan dapat tercapai.
Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas tentang :
Judul: Tugas Bahasa Indonesia - Membuat Laporan Pengamatan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
Semoga informasi mengenai Tugas Bahasa Indonesia - Membuat Laporan Pengamatan bisa memberikan manfaat bagi Anda.
Comments
0 Comments